SEKOMED: Seputar Kota Medan

Baliho dan Poster Parpol bingungkan Masyarakat

Label:
MEDAN _ (SEKOMED) Jelang pemilu 2009 ini, pemasangan baliho-baliho dan poster-poster caleg dari berbagai parpol (partai politik) yang menjamur di setiap sudut kota Medan menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat.

Foto-foto calon wakil rakyat dari setiap partai berserakan di mana-mana. Papan iklan, tiang-tiang listrik, bangunan-bangunan, pepohonan, bahkan angkutan umum pun tak luput dijadikan tempat untuk memasang dan menempel poster dan baliho tersebut. “Pening kepalaku lihat poster caleg-caleg ini, buat semak jalan aja,” Keluh seorang pedagang buah di daerah Marelan Ibul,40, kepada SINDO kemarin. lelaki bersuku melayu ini mengaku bingung dan pusing dengan begitu banyaknya poster dan baliho yang terpajang di sepanjang jalan Kapt. Rahmad Budin, Marelan. “Entah yang mana yang mau dipilih. Buat bingung rakyat aja,” tambahnya.

Pada dasarnya pemasangan baliho dan poster tersebut tentunya untuk sosialisasi dan kampanye setiap parpol kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dan mengenal calon-calon wakil rakyat yang akan mereka pilih pada saat pemilu legislatif nanti. Dan memudahkan masyarakat menentukan pilihannya. Namun belakangan cara seperti ini justru membuat banyak masyarakat bingung, antara lain karena mereka Cuma tahu fotonya saja, tapi tidak mengenal dan mengetahui profil lengkap mereka. “gimana Negara ini mau maju, calon wakil rakyatnya saja pun tak dikenal rakyat, kalau Cuma majang-majangi foto dipinggir jalan gitu, aku pun bisa pura-pura jadi caleg, kutempelkan aja fotoku dipohon atau ditiang listrik,” ujar Zainul,23, seorang karyawan pabrik di daerah KIM (Kawasan Industri Medan) Mabar kemarin. dia mengaku tidak mengenal satu orang pun dari sekian banyaknya foto-foto caleg yang terpampang di setiap sudut jalan tersebut. “ Jangan-jangan yang awak pilih nanti koruptor pula’, tambah susahlah kita nanti,” imbuhnya. Penuturannya mengingatkan kita pada sebuah pepatah “Ibarat membeli kucing dalam karung.” (munir)




0 komentar:

Posting Komentar

Rubrik

Followers